Airlangga Menteri Terpopuler di Media Online

Simakdulu, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto paling populer di media online. Namanya paling sering muncul dalam pemberitaan media sepanjang Januari 2021. Sebab, kebijakan Airlangga menjadi kunci dalam penanganan pandemi Covid-19 sekaligus memulihkan perekonomian nasional. Lebih lanjut, namanya juga terus diapungkan sebagai Capres dalam Pilpres 2024 nanti.

“Covid dan ekonomi menjadi hal utama yang paling banyak disorot. Keduanya saat ini menjadi kunci penting untuk kelangsungan hidup. Alhamdulillah, semuanya bagus. Covid-19 tetap terkontrol, lalu ekonomi on the track,” ungkap Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

Popularitas Airlangga di media mengacu hasil survey Indonesia Political Review (IPR). IPR sebelumnya melakukan monitoring terhadap 9 media online.para rentang 1 Januari hingga 31 Maret 2021. Metode yang dikembangkannya adalah pencarian data berita melalui Google Search. Kata kunci yang digunakannya adalah 34 nama menteri. Untuk akurasinya mencapai 96%.

Sepanjang rentang survey IPR, dari 9edia online tersebut mampu mengumpulkan sekitar 31.482 berita. Adapun jumlah pemberitaan tertinggi terjadi pada Maret 2021 dengan 12.999 berita. Lalu, bagaimana dengan hasil detailnya? Airlangga berada di urutan pertama dengan jumlah pemberitaan 2.837 kali.

Posisi ke-2 terdapat nama Menteri Kesehatan Budi Gunadi dengan 2.779 kali pemberitaan. Posisi 3 ada Menteri BUMN Erick Thohir dengan 1.780 berita, lalu diikuti oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang memiliki 1.686 kali pemberitaan. Posisi 5 ada Menpora Zainudin Amali dengan 1.683 pemberitaan. Adapun posisi buncit Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Gusti Ayu Bintang Darmawati dengan 106 pemberitaan.

“Media memiliki opini tersendiri atas isu teraktual yang berkembang di masyarakat. Semuanya tentu harus diterima secara positif. Apresiasi dan kritik tentu menjadi sebuah dinamika,” terang Airlangga.

Mendapatkan sentimen positif, popularitas Airlangga di media tidak lepas dari isu penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Adapun secara spesifikasi, publik ternyata sangat memberi perhatian besar terhadap isu PPKM Mikro dengan slot berita terbesar 2.837. “PPKM Mikro sejauh ini efektif untuk mengendalikan curva pandemi Covid-19,” kata Airlangga lagi.(***)

 297 total views,  2 views today