Regulasi Airlangga Hidupkan Perekonomian 10 Daerah, Selamat Ya!

Simakdulu, JAKARTA – Perekonomian tumbuh positif pada 10 daerah di Indonesia. Di masa pemulihan ekonomi karena efek pandemi Covid-19, pertumbuhannya bahkan ada yang mencapai 14,28%. Mereka bahkan menyokong pertumbuhan ekonomi nasional hingga 77,71%. Rapor ini tentu jadi sinyalemen positif efektivitas berjalannya regulasi ekonomi ala Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Kondisi perekonomian 10 daerah tumbuh positif. Hal ini tentu sangat bagus. Program pemulihan ekonomi di sana berjalan positif. Beberapa bahkan berjalan cepat hingga optimal mencapai 2 digit. Kami optimistis, kondisi positif ini akan terus tumbuh hingga waktu mendatang,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Apresiasi memang layak diberikan bagi 10 daerah di Indonesia yang sudah bekerja keras menumbuhkan kembali perekonomiannya hingga positif. Pertumbuhan perekonomian positif tertinggi dicapai Papua dengan 14,28%, lalu berikutnya ada Maluku Utara yang memiliki slot kenaikan 13,45%. Grid ke-3 ada pertumbuhan ekonomi positif 6,26% milik Sulawesi Tengah dan ditempel Yogyakarta dengan 6,14%.

Koneksi Sulawesi sebagai daerah dengan pertumbuhan ekonomi positif semakin panjang. Ada Sulawesi Utara yan membukukan pertumbuhan ekonomi hingga 1,87% dan diikuti 1,47% milik Papua Barat. Ada juga Bangka Belitung dengan pertumbuhan ekonomi 0,97%, Riau (0,41%), Nusa Tenggara Timur (0,12%), hingga Sulawesi Tenggara (0,06%).

“Dengan pertumbuhan ekonomi yang positif, ke-10 provinsi tersebut menjadi pilar ekonomi nasional yang potensial. Dengan rapor bagus ini, pertumbuhan ekonomi nasional semakin tangguh. Sebab, pertumbuhan ekonomi positif optimal akan diikuti oleh daerah lainnya,” terang Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar.

Memetakan pertumbuhan ekonomi positif berdasarkan pulau, Papua rata-rata membukukan pertumbuhan ekonomi 8,97%. Daerah di zonasi Sulawesi rata-rata membukukan pertumbuhan ekonomi hingga 1,2%, lalu Pulau Jawa berada pada grid 0,83%. Adapun daerah-daerah di Pulau Sumatera secara umum terus tumbuh mendekati positif 0,86%.

“Pertumbuhan ekonomi positif akan merata di berbagai daerah. Apalagi, industri terus menggeliat positif. Seiring tren global, slot ekspor tentu akan membesar,” papar Airlangga lagi.

Periode April-Juni 2021 bisa menjadi momentum terbaik bagi perekonomian Indonesia. Apalagi, kebijakan Airlangga terus memunculkan rapor positif. Beberapa sektor usaha tumbuh, seperti Informasi dan Komunikasi yang naik 8,73%. Untuk Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Daur Ulang naik 5,49%, lalu Kegiatan Sosial memiliki kenaikan 3,64%.

Dengan pergerakan kompetitif tersebut, wajar bila publik percaya dengan perekonomian Indonesia. Investor pun memberikan responnya dengan aliran investasi PMA hingga 54,6%. IKK juga juga bergerak kompetitif. Pada Maret 2021, IKK pada kelompok masyarakat pengeluaran di bawah Rp5 Juta mencapai 90,1%. Slot ini mendekati zona normal 100%. Profil yang sejalan dengan perbaikan kesejahteraan pekerja yang naik 3,78%.(***)

 288 total views,  2 views today