Elektabilitas Big Three Airlangga, Menteri Layak Capres 2024

Simakdulu, JAKARTA – Airlangga Hartarto menjadi Menteri Kabinet Presiden Joko Widodo yang paling layak menjadi Capres 2024. Kapabilitasnya sangat memenuhi persyaratan, apalagi Airlangga didukung oleh Partai Golkar. Elektabilitas terbaru Menteri Koordinator Bidang Perekonomian juga tinggi masuk big three. Acuannya hasil survei Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC).

“Hasil survei ARSC memang menempatkan ketiga nama sebagai Capres 2024 favorit. Persaingan menuju 2024 akan sangat menarik dan ketat. Dinamisasi akan terus terjadi karena waktunya masih panjang,” ungkap Peneliti ARSC Bagus Balghi.

ARSC menempatkan Airlangga bersama Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto sebagai Capres 2024 paling favorit. Airlangga mendapatkan elektabilitas 9,79%. Ekektabilitas mereka pun disaingi oleh Tri Rismaharini. Pengamat Politik Airlangga Pribadi mengatakan, Golkar menjadi king maker dalam konteks politik.

“King makernya tetap Golkar dalam konteks politik. Ini perlu dipertimbangkan karena posisinya masih awal. Apalagi, Golkar kerap menjadi penentu dalam kontestasi politik. Elektabilitas Prabowo dan Sandiaga tinggi karena jadi Capres dan Cawapres 2019 jadi lebih dahulu populer,” katanya.

ARSC melakukan survei pada 26 April hingga 8 Mei 2021. Responden yang dilibatkan ada 1.200 orang dan tersebar merata pada 34 provinsi. Usia responden minimal 17 tahun atau yang sudah memenuhi persyaratan sebagai pemilih. Metode yang digunakannya sampel acak bertingkat. Margin of errornya kurang dari 2,9% dan kepercayaan 95%.

“Kami belum bergerak. Ibaratnya masih di gigi satu. Kami masih fokus konsolidasi internal di tubuh partai. Dari tingkat atas sampai bawah belum bergerak optimal,” terang Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar Maman Abdurahman.

Maman juga menambahkan, elektabilitas dan popularitas bukan parameter utama untuk mengukur kapabilitas figur Capres. Lebih penting adalah rekam jejak dan kompetensi kemampuan dalam menyelesaikan persoalan bangsa. Apalagi, situasinya saat ini sedang menghadapi pandemi Covid-19.

“Jangan lupa, faktor penanganan pandemi Covid-19 justru jadi penentu utama penilaian publik. Mereka akan melihat siapa-siapa yang serius mengatasi pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonominya. Saat ini Pak Airlangga Hartarto masih fokus menangani Covid-19 dan memulihkan ekonomi. Itu jauh lebih penting daripada pencitraan untuk elektabilitas,” tutup Maman.(***)

 711 total views,  2 views today