Perekonomian Makin Impresif, Airlangga Sukses Pulihkan Konsumsi Masyarakat

Simakdulu, JAKARTA – Prestasi besar terus ditorehkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Setelah lini industri, Airlangga sukses memulihkan daya beli masyarakat. Terakselerasi Ramadhan dan Lebaran 2021, konsumsi masyarakat tumbuh seiring laju inflasi Mei sebesar 0,32. Sebarannya pun merata pada tiap lini konsumsi.

“Konsumsi masyarakat terus mengalami perbaikan. Kondisinya kini sangat kompetitif karena respon besar sudah diberikan pasar. Serapan pasar terus tumbuh seiring dengan kencangnya industri,” ungkap Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar.

Berdasarkan informasi BPS, inflasi sepanjang Mei 2021 mencapai 0,32. Hal ini tidak lepas dari naiknya seluruh indeks kelompok pengeluaran. Sebut saja, Kenaikan 0,38% untuk kelompok makanan, minuman, tembakau. Untuk kelompok pakaian dan alas kaki naik sebesar 0,52%, lalu perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga tumbuh 0,03%.

Ada juga kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga dengan kontribusi 0,27%. Kenaikan 0,07% juga disumbangkan melalui kelompok kesehatan, lalu transportasi optimal naik 0,71%. Adapun kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan tumbuh sekitar 0,01%.

Tumbuh merata, pemulihan konsumsi juga terlihat dari kenaikan 0,12% milik kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya. Untuk lini pendidikan tumbuh 0,01%, lalu kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran berada pada level 0,44%. Semakin kompetitif, kelompok perawatan pribadi dan jasa memberi kontribusi hingga 0,59%.

“Konsumsi memberikan pengaruh positif bagi pertumbuhan perekonomian secara nasional. Angka pertumbuhannya pasti akan naik. Disamping itu, memberikan stabilitas bagi lini bisnis dan industri,” terang Airlangga lagi.

Pergerakan konsumsi tersebut diambil dari sampel 90 kota di Indonesia. Dari catatan BPS, sebanyak 78 kota mengalami inasi dan 12 kota muncul deasi. Dari catatan tersebut, inflasi untuk Januari-Mei 2021 mencapai 0,9%. Adapun rata-rata inflasi tahun ke tahun berjumlah sekitar 1,68%. Airlangga menambahkan, serapan konsumsi masyarakat akan naik.

“Dengan kondisi pemulihan ekonomi yang bagus di semua lini, kami optimistis konsumsi masyarakat akan terus tumbuh. Terus naik karena indikator pendukungnya juga impresif. Masyarakat saat ini memiliki akses ekonomi yang sangat positif,” lanjut Airlangga.

Kondisi perekonomian nasional sedang bergairah, apalagi Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur Indonesia mencapai 55,3 hingga Mei 2021. Naik kompetitif darai April 2021 yang ada di slot 54,6. Airlangga juga mampu menyerap kembali 10 Juta tenaga kerja korban pandemi Covid-19. Slot pengangguran kini tinggal 6,26%. Semakin impresif, kesejahteraan pekerja naik 3,78%.

Lebih lanjut, IKK juga juga bergerak kompetitif. Pada Maret 2021, IKK pada kelompok masyarakat pengeluaran di bawah Rp5 Juta mencapai 90,1%. Slot ini mendekati zona normal 100%. “Pemerintah akan terus bekerja keras dan berinovasi untuk menciptakan banyak peluang ekonomi. Industri dan masyarakat menjadi komponen yang harus didorong, apalagi penanganan Covid-19 tetap bagus sesuai skenario,” tutup Airlangga.(***)

 289 total views,  2 views today