Airlangga Minta Member Kartu Prakerja Kreatif Implementasikan Skill Barunya

Simakdulu, YOGYAKARTA – Tetap diperlukan kreativitas dan inovasi agar transformasi kompetensi melalui program Kartu Prakerja lebih optimal. Apresiasi pun diberikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto kepada mereka yang bisa mengoptimalkan kompetensi atau skill barunya. Hal dilakukan Airlangga saat bertemu alumni Kartu Prakerja di Yogyakarta, Sabtu (19/6).

“Keberhasilan Kartu Prakerja bergantung kepada penerimanya dalam mengimplementasikan pelatihan yang ada. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh penerima Kartu Prakerja agar menggunakan kesempatan ini untuk skilling, upskilling, dan reskilling,” ungkap Airlangga.

Implementasi optimal Kartu Prakerja sejauh ini dilakukan oleh para penerimanya. Berbagai cerita inspirasi pun diberikan oleh para alumninya di berbagai daerah, termasuk Yogyakarta. Dari Yogyakarta, salah satu succes story diberikan oleh Abdul Jalal yang menjadi alumni Kartu Prakerja gelombang 6.

“Situasi pandemi ini membuat aktivitas kita beralih ke digital. Mas Jalal memanfaatkan situasi ini untuk mulai memasarkan produknya secara digital. Semangat pantang menyerah ini tentu sangat menginspirasi kita semua,” ujar Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar.

Sebelum menjadi member Kartu Prakerja, Jalal sudah menjalankan usaha kuliner. Hanya saja, usaha tersebut belum maksimal. Mendapatkan momentum, Jalal lalu bergabung di program Kartu Prakerja gelombang 6. Pelatihan yang diambil adalah ‘Membuat Banana Coco Roll’ dan ‘Sukses Jual Beli Marketing di Media Sosial’. Berikutnya, Jalal membuat usaha kuliner ‘Martabak Move On’.

“Sebenarnya yang paling penting dari program Kartu Prakerja bukan insentifnya, tapi ilmunya. Hanya karena belajar cara mengocok telur dengan benar, sekarang martabak saya jadi lebih enak,” kata Jalal.

Program Kartu Prakerja diinisiasi perintah sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi nasional. Treatmentnya melalui peningkatan kompetensi, produktivitas, dan daya saing angkatan kerja Indonesia. Program Kartu Prakerja juga mampu mendorong kewirausahaan di masa pandemi.Terlepas dari cerita inspirasi seputar program Kartu Prakerja, Airlangga juga membagikan masker. Adapun beberapa nama mendapatkan akses permodalan kredit usaha rakyat melalui Bank BNI, termasuk Jalal.(***)

 292 total views,  2 views today