Prabowo-Puan Bukanlah Penantang Berat Airlangga-Ganjar di Pilpres 2024

JAKARTA – Proyeksi duet Prabowo Subianto-Puan Maharani untuk Pilpres 2024 dinilai tidak ampuh. Nilai jualnya biasa-biasa saja. Kurang istimewa. Prabowo-Puan dianggap bukan lawan berat bagi proyeksi duet Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo. Ada komposisi kandidat lain yang jauh lebih berotot dan potensial sebagai lawan Airlangga-Ganjar.

Kuota Pilpres 2024 diperkirakan akan diisi oleh 3 paslon Capres dan Cawapres. Komposisinya bisa Airlangga-Ganjar, laku Prabowo-Puan. Pilpres juga diperkirakan menghadirkan duet Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)-Anies Baswedan. Airlangga adalah Ketua Umum Partai Golkar, lalu Ganjar jadi Gubernur Jawa Tengah.

“AHY-Anies jadi pesaing kuat Airlangga-Ganjar. Sejauh ini ada banyak calon yang ingin digandengkan dengan Anies,” ungkap Pengamat Komunikasi dan Politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga.

Mengacu hasil survei Politika Research & Consulting (PRC) yang terbit Senin (15/11), elektabilitas Prabowo justru menurun. Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra tersebut berada pada angka 14,7%. Berbeda dari survei Desember 2020 yang berada pada slot 19,7%. Menempel ketat Prabowo ada nama Ganjar dengan suara 11%.

Grid ke-3 survei PRC ditempati oleh Anies dengan elektabilitas 7,7%. Survei PRC dilakukan kepada 1.200 responden dengan metodologi multi random sampling. Untuk margin of errors adalah 2,9%. Jamiluddin menerangkan, Anies bisa mendongkrak elektabilitas siapapun yang disandingkan dengannya.

“Sosok Anies saat ini seperti Susilo Bambang Yudhoyono pada Pilpres 2009 dan Joko Widodo di 2014. Dipasangkan dengan siapa pun, maka peluang menangnya sangat besar,” terang Jamiluddin.

Lebih lanjut, posisi Ganjar pun dinilai masih belum terlalu kuat untuk mendongkrak elektabilitas Partai Golkar. Apalagi, Ganjar menjadi kader jika dirinya keluar dari PDIP. Jamiluddin lalu menyebutkan, Anies pun menjadi tokoh yang lebih unggul daripada Ganjar.

“Ganjar belum kuat. Anies itu lebih unggul dari Ganjar. Partai Demokrat, PKS, Nasdem, PPP, dan PAN, kiranya nya dapat mengusung Anies pada Pilpres 2024,” tutup Jamiluddin.(***)

 240 total views,  3 views today