Popularitas dan Kesukaan Publik pada Airlangga Terus Melesat

JAKARTA – Popularitas dan kesukaan publik terhadap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto terus melesat jauh. Meninggalkan figur-figur beken lainnya yang siap bersaing dalam kontestasi Pilpres 2024. Apalagi, performa beberapa figur sentral justru bergerak turun.

Mengacu hasil survei Indikator Politik Indonesia, tingkat popularitas dan kesukaan publik terhadap Airlangga terus membaik. Periode pengukurannya berada pada tentang Juli hingga September 2021. Sumbernya data responden dan pengguna internet di Indonesia.

“Tingkat tahu dan suka publik kepada Airlangga itu trennya positif. Peningkatannya bahkan signifikan. Hal ini tentu jadi kabar baik mereka, apalagi Airlangga terus dikaitkan dengan Pilpres 2024,” ungkap Direktur Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi.

Perlu diketahui, popularitas Airlangga menurut semua responden berada pada slot 33% sepanjang Juli 2021. Untuk basic survei pengguna internet porsinya sekitar 40%. Peta pun bergerak naik pada survei September 2021. Tingkat popularitas Airlangga menjadi 37% pada kategori semua responden. Adapun pengguna internet stabil 40%.

“Popularitas dan citra personal menjadi n konsekuensi logis dari model Pemilu secara langsung. Jadi faktor utama yang mendasari pilihan publik. Logikanya, pemilih tidak akan memilih calon yang tidak dikenal,” terang Burhanudin.

Lebih lanjut, Indikator Politik Indonesia mengingatkan, popularitas dan citra personal dibentuk oleh evaluasi publik. Treatmentnya melalui kegiatan sosialisasi dan mobilisasi. Di dalamnya juga ada evaluasi atas kinerja figur sepanjang mengemban amanat sebagai pejabat publik.

“Publik akan memilih calon yang lebih disukai atau punya citra positif. Pilihan publik menjadi kompleksitas atas faktor-faktor sosiologis, psikologis, dan evaluasi ekonomi politik mutakhir,” kata Burhanudin.

Secara teknis, survei menempatkan publik yang tahu lalu didalami lagi. Pendalaman tersebut menghasilkan tingkat kesukaan terhadap Airlangga sebesar 61,2%. Survei Indikator Politik Indonesia juga mengkonversi hasil survei sebesar 63,2% publik tahu akan kapasitas Airlangga sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

“Tingginya popularitas dan kesukaan publik kepada Pak Airlangga tentu jadi kabar sangat positif. Pak Airlangga itu figur baik dan pekerja keras. Kerja kerasnya bisa dilihat dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Rapornya sangat bagus. Ekonomi pulih dan masyarakat mendapatkan lagi kesejahteraannya,” tegas Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Maman Abdurrahman. (*)

 279 total views,  2 views today