Airlangga: Vaksin Covid-19 Booster Digulirkan Secepatnya di 2022

JAKARTA – Program vaksinasi Covid-19 booster akan digulirkan secepatnya pada 2022. Pemerintah saat ini tinggal menunggu rekomendasi ITAGI yang akan diketahui pada 10 Januari 2022. Vaksinasi dosis lanjutan mandiri ini akan menyasar kelompok masyarakat di luar program booster yang sudah berjalan, tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang.

“Vaksinasi booster akan diberikan secepatnya, begitu laporan dan rekomendasi ITAGI diterima. ITAGI akan menyerahkannya pada 10 Januari nanti. Dengan begitu, kekebalan masyarakat terhadap Covid-19 menjadi semakin baik,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Perlu diketahui program vaksinasi Covid-19 Booster mandiri dijalankan oleh beberapa operator. Sebut saja PT Biofarma dan perusahaan-perusahaan farmasi yang memenuhi standar. Mereka juga memiliki standar dalam pengiriman vaksin/logistik dan pelaksanaannya. Apalagi, implementasinya dilakukan homolog dan heterolog.

“Vaksinasi booster sangat diperlukan. Kami juga sudah menyiapkan vaksinnya. Ada beberapa opsi vaksin yang bisa digunakan sebagai booster,” terang Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar.

Pemerintah sebelumnya menyiapkan beberapa vaksin yang akan digunakan sebagai boostet. Sebut saja, Pfizer, Sinovac, dan AsyraZeneca. Kajiannya sudah berlangsung. Ada juga opsi vaksin booster memakai Merah Putih hingga Baylor. Vaksin Baylor ini dikembangkan oleh BUMN. Alternatif lainnya adalah Bisnis, Biofarma, Kalbe Farma-Genexine, dan Vaksin Nusantara.

“Kajian atas rencana vaksin sebagai booster terus dilakukan. Kami kaji semuanya, termasuk vaksin produk dalam negeri. Proses di BPOM juga sudah berjalan. Untuk regulasinya juga sedang dimatangkan,” jelas Airlangga yang menjabat Ketua KPC-PEN.

Lebih lanjut, program vaksinasi Covid-19 terus mengalami perbaikkan. Dalam seminggu terakhir, rata-rata vaksinasi mengalami kenaikkan. Apalagi, program vaksinasi anak usia 6-11 tahun juga sudah digulirkan. Adapun pergerakannya mencapai 1.219.453 dosis pet hari. Airlangga memaparkan, laju program vaksinasi di luar Jawa-Bali terus meningkat.

“Laju program vaksinasi harian terus meningkat. Hal ini seiring program vaksinasi yang dijalankan kepada anak-anak. Total sebanyak 2.324.644 dosis telah disuntikkan untuk anak usia 6-11 tahun. Sedangkan, laju vaksinasi di wilayah luar Jawa Bali meningkat dan menyumbang 55,6% dari laju rata-rata harian nasional,” papar Airlangga.(*)

 258 total views,  2 views today